aP9030055Kegiatan Outbound yang merupakan pembelajaran di alam terbuka merupakan salah satu bagian dari PKKMB Akademi Farmasi Saraswati Denpasar.Outbound ini diselenggarakan pada tanggal 3 – 5 September 2014 di daerah Bedugul tepatnya di The Sila’s Agrotourism. Outbound dimaksudkan untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat, dan juga untuk memacu semangat mahasiswa baru. Sebelum melakukan kegiatan pastinya selalu dan tidak boleh lupa yaitu sembahyang. Memohon keselamatan dan kelancaran dari kegiatan yang telah di persiapkan. Kemudian mahasiswa baru dikumpulkan dengan kelompok masing-masing menuju ke kegiatan pertama yaitu latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, guna menumbuhkan sikap rasa persatuan, disiplin sehingga senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu. PBB dipandu oleh pihak TNI ayng juga termasuk lulusan saraswati. Kemudian setelah latihan PBB kami baik panitia,para dosen,dan maba langsung di istirahatkan yaitu menuju ke dapur The Sila’s untuk makan siang terlebih dahulu. Yang istimewa disini adalah makanan yang disajikan dimasak langsung oleh para panitia seksi konsumsi,berkumpul menjadi satu dan makan bersama itu adalah satu wujud dari kekompakan kita semua.

aP90300551Setelah selesai makan siang, maba kembali dikumpulkan bersama kelompok masing-masing beserta pendamping kelompok. Kegiatan selanjutnya yaitu adalah TRACKING. Tracking disini bertujuan untuk melatih kedisiplinan,kekompakan serta kerjasama yang baik antar kelompok mahasiswa baru. Disinilah para maba di uji kekompakannya, seperti untuk mengenal satu sama lain mereka harus tahu siapa nama ketua kelompok mereka, atau anggota kelompok mereka, menyanyikan mars saraswati serta yel-yel yang wajib setiap kelompok harus buat sebagai bentuk kekompakan mereka. Berjalan dari tempat mereka berkumpul menuju hutan tempat tracking dan mencari pos pertama untuk memecahkan sebuah clue untuk menuju ke pos selanjutnya. Kemudian diperjalanan mereka juga harus bisa menemukan tanaman obat yang nantinya akan di presentasikan, apakah kegunaan atau fungsi dari tanaman obat yang meraka temukan. Menjadi mahasiswa baru memang terkadang berasa tidak enak, seolah-olah kembali ke jaman perang di mana kita di jajah sama senior . Dalam PKKMB ini tidak akan lepas dengan istilah hukuman,seperti memberikan sebuah julukan nama yang unik dari sikap mereka terhadap  senior.

aP90300555

Hari pun sudah mulai gelap, maba pun dipersilahkan untuk MCK, kemudian makan malam. Untuk mengisi acara malam itu maba di tuntut untuk mebuat surat cinta dan surat benci kepada senior. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang jadi disini maba juga di tuntut untuk mencari tanda tangan senior dan teman maba yang di luar kelompok tujuannya agar kita saling menganal satu sama lain saja.Tapi tidak mudah untuk mendapatkan tanda tangan senior pastinya selalu ada syaratnya.  Selang waktu berganti, maba bangun jam 5 pagi untuk mengikuti olahraga pagi. Supaya tambah semangat lagi, setelah itu maba dipersilahkan MCK kemudian sarapan.  

Langsung saja ke kegiatan selanjutnya yaitu games, games ini bertujuan untuk menghilangkan rasa tegang atau mungkin takut yang dirasakan oleh para maba, dan juga melatih kekompakan serta kerjasama antar kelompok. Kegiatan selanjutnya ada pentas seni, pentas seni ini dibuat oleh semua kelompok mahasiswa baru, mungkin PKKMB tahun ini pensi yang mereka sajikan itu cukup kreatif, seperti joged bungbung namun yang nari itu laki-laki dan mengajak salah satu senior dan dosen ikud menari juga di atas panggung lapangan upacara The Sila’s dan pensi ini juga yang menjadi juara satu dari sekian pensi yang ditunjukan oleh maba. 

Kegiatan terakhir yaitu jurit yang dilakukan mulai jam 11 malam dimana maba dituntut mencari pos yang telah disiapkan oleh para senior. Untuk mencari pos selanjutnya maba diberikan sebuah clue yang mereka harus mengerti seperti apa tempat selanjutnya. Tujuan jurit malam ini untuk melatih kesiapan mental para maba dan lebih mengenal kehidupan kampus.

Nah itulah serangkaian kegiatan PKKMB di kampus kami pada hari terakhir kami melaksanakan upacara penutupan dengan melepaskan atribut sebagai tanda mereka sudah resmi menjadi mahasiswa baru di bawah naungan AKADEMI FARMASI SARASWATI DENPASAR. [Anik]