PKKMB merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. PKKMB dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan awal pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab Universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di kampus dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Pembukaan : 1 September 2014. di Aula Saraswati Denpasar.

Pukul : 09.30 Wita

Acara dibuka dengan penampilan tari kesenian bali.

  1. Tari sekar jepun.
  2. Doa pembukaan acara
  3. Lagu indonesia raya dan mars saraswati
  4. Sambutan ketua panitia PKKMB. Bapak Agus Sunadi

Isi: PKKMB diikuti oleh 194 calon mahasiswa baru serta penyampaian rangkaian acara PKKMB baik secara indor maupun outdor untuk menciptakaan character building pada mahasiswa baru Akademi Farmasi Saraswati Denpasar.

  1. Sambutan direktur Akfar Saraswati Denpasar, Drs. I Gede Made Saskara Edi. M.Psi., Apt.

Isi; adanya peningkatan peserta PKKMB dari tahun ke tahun. Mulai 40 orang di tahun pertama dan 194 orang di tahun ini. Pelaksanaan PKKMB hingga tahun ini masih menggunakan fasilitas umum dan tahun ini kegiatan outdor PKKMB akan dilaksanakan di Bedugul tepatnya pada tanggal 3-5 September 2014. tetapi tahun depan diusahakan akan di laksanakan d lahan sendiri. karena berkat dukungan dr yayasan. pihak frmasi melakukan pbebasan tanahbseluas 1 ha lebih yang akan digunakam sebagai lahan untuk fasilitas baagi kengiatab belajar mahasiswa farmasi dan yayasan saraswati pada umumnya.

  1. Sambutan pejabat sementara ketua yayasan (Ir. Bagus Ketut Lodji, M.S.)

Isi: tidak salah memilih saraswati sebagai tempat pendidikan. karena adanya berbagai fasiilitas yg disediakan baaik gedung maupin lahan.

Pesan: hindari tindakan dan kegiatan yg bersifat kekerasan atau pun kegiatan yg mengarah pada hal keburukan demi krlancaran acara PKKMB dan yayasan mendukung acara PKKMB ini yang berisi tentang pendidikan karakter bagi pesertanya.

  1. Kopertis Wil VIII (Prof. I Nyoman Sucipta)

Dalam hal ini Prof Sucipta menyampaikan bahwa dari Dirjen Dikti mengingatkan bahwa kegiatan seperti ini (PKKB) merupakan masa orientasi mahasiswa baru yang sebelumnya di kendalikan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), namun sekarang di dikendalikan oleh pihak akademik.

"masa seperti ini selalu menjadi perhatian pemerintah bahkan media media pun juga" ujarnya.

kegiatan ini diharapkan mampu sebagaai pendukung akademik dengan pendidikan karakternya.

“dalam dunia pendidikan perlu diketahui berbagai macam standar yg harus dimiliki. misalnya standar dosen sarana prasarana dll untuk mewujudkan tujuan dan cita cita nasional”, ujar Prof Sucipta.

Selanjutnya, pada pukul 10.30 Wita Prof Sucipta secara resmi membuka kegiatan PKKMB didampingi direktur dan ketua panitia dengan penyematan atribut PKKMB dan diikuti oleh seluruh maba sebagai simbolisasi pembukaan PKKMB Akademi Farmasi Saraswati Denpasar TA 2014/2015.